Skip to main content

Posts

Showing posts from September 29, 2016

PRODUK

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. Pelanggan memuaskan kebutuhan dan keinginannya lewat sebuah produk. Produk dapat berupa  barang fisik , jasa , dan gagasan. Analoginya adalah suatu   Restoran menawarkan barang fisik berupa (makanan dan minuman), jasa (pelayanan, service, delivery) dan gagasan (menjadi lapangan pekerkerjaan, sarana kebutuhan sekitar,) adapun Perguruan tinggi menawarkan barang fisik berupa (buku, jaket, kartu mahasiswa), jasa (kuliah, praktikum, konsultasi) dan gagasan (bekal masa depan, persaudaraan).   

KEBUTUHAN, KEINGINAN DAN PERMINTAAN

Titik tolak pemasaran terlatak pada Kebutuhan manusia dimana keadaan yang dirasakan adalah ketidakpuasan dengan dasar tertentu. Orang membutuhkan pangan, sandang, rumah, keamanan, kenyamanan, harga diri, dan aktualisasi diri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sementara kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang mendalam adalah Keinginan . Setiap orang di kehidupan dunia ini sama-sama membutuhkan makanan, akan tetapi keinginan orang juga pasti berbeda antara satu dengan yang lainya. Satu contoh orang Amerika menginginkan hamburger, sementara orang Indonesia menginginkan nasi untuk memuaskan kebutuhan mereka akan makan. Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik, dengan didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. keinginan menjadi permintaan apabila didukung oleh daya beli. Banyak orang yang menginginkan mobil Lamborgini tetapi hanya sedikit orang yang mampu dan bersedia membelinya.

DEFINISI PEMASARAN

Pemasaran adalah proses sosial seseorang atau kelompok dengan melakukan pelaksanaan konsepsi,distribusi ide, penetapan harga, promosi, barang dan jasa untuk menciptakan kegiatan pertukaran yang memuaskan tujuan seseorang atau kelompok. Dengan demikian jauh sebelum pemasaran dimulai, seseorang atau kelompok harus memahami betul-betul tentang bagaimana situasi pasar yang terletak pada titik kebutuhan , keinginan dan permintaan .