Pembidikan pasar ini menentukan pesaing perusahaan. Perusahaan harus meneliti posisi pesaing dan memutuskan posisinya yang terbaik. Penentuan posisi adalah tindakan untuk merancang posisi perusahaan serta nilai yang ditawarkan sehingga pelanggan dalam suatu segmen memahami kedudukan dan menghargai perusahaan dalam kaitanya sebagai pesaing. Tugas penentuan posisi terdari dari tiga langkah : mengenali keunggulan bersaing yang mungkin untuk dimanfaatkan, memilih yang paling tepat dan secaraq efektif mengisyaratkan kepada pasar tentang posisi yang dipilih perusahaan. Strategi penentuan posisi pasar produk perusahaan kemudian akan memungkingkan perusahaan beranjak ke langkah berikutnya, yaitu merencanakan strategi pemasaran bersaingnya. Penentuan posisi dapat dikelompokan menjadi penentuan posisi menurut nilai, menurut pesaing, menurut manfaat, menurut penggunaan, menurut pemakai, menurut kategori produk dan menurut atribut.
Comments
Post a Comment