Skip to main content

KONSEP-KONSEP PRODUKSI

Kali ini TeleBisnis akan mencoba menguraikan opini dari buku Marketing Strategy  M.Suyanto dan sedikit informasi dari berbagai perusahaan yang menggunakan konsep-konsep produksi untuk berwirausaha. Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan selaras dengan kemampuanya. Konsep prosduksi memusatkan memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas. Sering kita melihat bahwa Perusahaan-perusahaan jepang seperti Sony, Toyota, Honda dan Suzuki menggunakan strategi ini.

KONSEP PRODUK
Konsep produk menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang berkualitas dengan prestasi paling baik. Konsep produk memusatkan perhatian kepada usaha untuk menghasilkan produk yang unggul dan terus-menerus menyempurnakan dan mengembangkanya. Perusahaan seperti IBM, Intel, General Motor menggunakan strategi ini.

KONSEP PEMASARAN
Konsep Pemasaran menyatakan bahwa tujuan usaha adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran berpusat pada empat pilar, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi, dan profitabilitas. Perusahaan-perusahaan yang menerapkan strategi ini antara lain perusahaan-perusahaan Amerika Serikat(Mc Donald, Procter & Gamble, Apple Computer, wal-Mart, American Airlines, Marriot Hotels, Disney), perusahaan-perusahaan Jepang (Sony, Toyota, Canon) dan perusahaan-perusahaan Eropa (Ericsson, Mark & Spencer, Ikea, Club Med, Bang & Olufsen).

KONSEP PEMASARAN KEMASYARAKATAN
Konsep pemasaran ini menyatakan bahwa tugas organisasi adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan mempertahankan serta mempertinggi kesejahteraan masyarakat. Perusahaanyang menggunakan strategi ini antara lain (The Body Shop, Amway dan Ben & Jerry)

KONSEP PEMASARAN STRATEGIS
Konsep Pemasaran Strategis adalah konsep pemasaran yang mengubah fokus pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan atau sebaliknya dalam konteks lingkungan yang luas. Konteks pelanggan eksternal yang lebih luas, menyangkut persaingan, kebijakan, dan peraturan-peraturan pemerintah serta kekuatan-kekuatan makro, ekonomi, sosial-budaya, ekonomi, demografi , hukum-hukum politik dan teknologi. Perubahan lainya adalah dalam hal tujuan pemasaran, yaitu dari profitabilitas menjadi keuntungan pihak yang berkepentingan. Pihak yang berkepentingan merupakan individu dan kelompok yang mempunyai kepentingan dalam kegiatan perusahaan, meliputi pelanggan, karyawan, manajemen, masyarakat dan pemerintah.

Perusahaan atau seseorang pengusaha dapat melaksanakan kegiatan pemasaranya, yaitu konsep-konsep produksi yang sudah di uraikan di atas meliputi  Konsep Produksi, Konsep Produk, Konsep Penjualan, Konsep Pemasaran Kemasyarakatan dan Konsep Pemasaran Strategis, Semoga enam konsep dari opini yang di ambil dari buku Marketing Strategy M.Suyanto dapat menjadi referensi untuk menjalankan Usaha di berbagai bidang di tanah Nusantara.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENGAPA PERUSAHAAN LEBIH MEMILIH BERIKLAN DI INTERNET ?

STRATEGI PENENTUAN POSISI