Electronic Commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web, atau proses jual beli dan pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk Internet.
Sejumlah orang memandang istilah commerce (perdagangan) sebagai transaksi yang dilakukan antar perusahaan yang berpatner. Karena itu istilah Electronic Commerce berkesan sempit bagi sejumlah orang. Demikianlah, banyak yang lebih suka menggunakan istilah e-business, yang mengacu pada definisi e-Commerce secara lebih luas, tidak sekedar menjual dan membeli, namun juga berarti melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan partner bisnis, serta pelaksanaan transaksi elektronis dalam suatu organisasi bisnis.
Definisi EC dari beberapa prespektif adalah sebagai berikut :
- Dari prespektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi produk atau layanan/ pembayaran melalui telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainya.
- Dari prespektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan
- Dari prespektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen yang memangkas service cost ketika berupaya meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari prespektif online / Internet, EC meningkatkan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa online lainya.
Comments
Post a Comment