Para manajer strategik terus menerus berusaha meningkatkan produktivitas sistem mereka. Perusahaan yang dapat meningkatkan produktivitasnya akan meningkat pula profitabilitasnya. Perusahaan hampir selalu merumuskan saran untuk produktivitas. Sasaran produktivitas yang umum digunakan adalah jumlah produk yang dihasilkan atau jumlah layanan yang diberikan per unit masukan. Peningkatan produktifitas yang mencolok pada perusahaan-Perusahaan yang dikagumi dunia terjadi pada sektor otomotif, mesin, kimia, makanan kalengan, dan komputer. Peningkatan produktifitas dapat dilakukan di antaranya dengan pengolahan sumberdaya manusia yang lebih baik.
Sasaran Toyota pada tahun 2007 adalah memproduksi kendaraan sebanyak 9.240.000 unit.
Sasaran produktivitas dapat dapat pula diukur dengan total penjualan terhadap karyawan atau total keuntungan karyawan. Wal-Mart dengan total penjualan $ 315.654 juta dengan karyawan 1.800.00, berarti Wal-Mart mempunyai produktifitas $0.175 juta per karyawan, atau dengan keuntungan $ 11.231 juta berarti memiliki produktifitas $ 6.239 per karyawan.
Karyawan Wal-Mart
Tetapi sasaran produktifitas ada kalanya dinyatakan dalam bentuk penurunan biaya yang diharapkan. Misalnya, sasaran dapat ditetapkan untuk mengurangi jumlah produk rusak, untuk mengurangi jumlah keluhan konsumen, atau untuk menekan jam lembur. Pencapaian sasaran yang demikian akan meningkatkan profitabilitas jika pengeluaran yang dihasilkan tetap.
Comments
Post a Comment